Ini dia makanan sehat untuk penderita hipertensi

banner 160x600
banner 468x60

.
Hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah ( tensi) seseorang berada pada skala diatas noemal.sedangakan ukuran teknis tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg, artinya 120 angka menunjukkan kekuatan darah ketika berkontraksi (sistole) dan 80 angka menunjukkan kekuatan darah ketika dilatasi/jeda (diastole).
Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli kedokteran dunia ditemukan nya fakta bahwa hipertensi diduga kuat sebagai penyebab serangan jantung dan stroke.

Kategori hipertensi bisa diderita oleh siapa saja dari berbagai segmen tanpa memandang usia, tingkat pendidikan, atau status sosial atau etnis.kelompok hipertensi yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder.

Gejala hipertensi yang perlu diperhatikan sebagai tanda awal terjadinya hipertensi antara lain jika anda mudah merasa pusing, muka memerah tanpa sebab, sering sakit kepala, mimisan,bagian tekan sering terasa pegal- pegal dan sebagainya.

Faktor risiko hipertensi itu setidaknya adalah 5 faktor yaitu:
1. Pola makan yang tidak sehat.
2. Kurangnya gerak fisik dan olah raga.
3. Kebiasaan menghirup racun dari aktivitas merokok.
4. Kebiasaan minum alkohol secara berlebihan.
5. Menderita kelelahan yang sangat disertai stress.

Untuk penderita hipertensi, makanan yang perlu dikonsumsi yaitu:
1. Konsumsi energi
Dalam kehidupan sehari-hari manusia perlu makan dengan porsi dan variasi bahan, guna mencukupi akan kebutuhan nya akan kalori. Namun perlu memilih sumber makanan yang rendah kalori guna menghindari kegemukan (obesitas). Karena kegemukan ini bisa memicu hipertensi.
2. Konsumsi sayur
Memperbanyak makan sayuran berwarna-warni seperti pare,labu, bayam, mentimun, wortel, kol, brokoli,selada,sawi,seledri,bawang putih,dan lain-lain, sebagai sumber magnesium,potassium,dan serat makanan. Perlu diketahui bahwa potassium baik dikonsumsi penderita hipertensi. Selain itu, omega 3 yang terkandung pada sayur bisa pula menurunkan tekanan darah tinggi.
3. Konsumsi buah-buahan
Para penderita hipertensi perlu meningkatkan pola konsumsi buah-buahan berwarna seperti semangka,alpukat,pisang,pepaya,jeruk,melon,sebagai sumber magnesium, potassium,omega 3,serat makanan.
4. Makanlah kacang-kacangan
Makanlah jenis kacang-kacangan,seperti kacang tanah( kacang brol),kacang polong sebagai sumber karbohidrat,protein mineral dan sebagainya.
5. Konsumsi daging dan susu
Untuk mempertahankan tekanan darah agar berada pada skala normal maka anda perlu melakukan langkah pembatasan dalam konsumsi daging dengan kategori mengandung kadar lemak jenuh.
6. Buah anggur
Buah ini baik untuk penderita hipertensi. Perlu diketahui bahwa hipertensi disebabkan oleh beberapa aspek, seperti kerusakan ginjal, obesitas, dan kelebihan natrium. Kelebihan natrium itu dapat diantisipasi dengan mengkonsumsi dengan mengkonsumsi buah anggur, sebab anggur mempunyai kandungan kalium yang dapat mengurangi kadar natrium dalam darah. Dengan berkurangnya kadar natrium dalam darah maka hipertensi dapat diatasi. Biji anggur juga mempunyai manfat besar bagi kesehatan badan karena bisa mencegah CVD, karena di dalam biji anggur mengandung pycnogenol, zat non gizi penguat kolagen yang anti aging (memperbaiki struktur pembuluh darah), sehingga pembuluh arteri menjadi lebih lentur dan tidak mudah pecah. Selain itu buah anggur, terutama kulitnya mempunyai khasiat dapat membuat awet muda atau memperlambat penuaan, karena pada kulit anggur mengandung zat sejenis anti -oksidan.karena itu ketika anda makan anggur, jangan dikupas makanlah bersama kulitnya.setelah dicuci terlebih dahulu.
7. Bawang putih dan terung ungu pencegah penggumpalan darah
Bawang putih ,mencegah penggumpalan darah,menurunkan tekanan darah,menurukna kadar kolesterol jahat LDL, meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara terung ungu,mencegah plak pada dinding aliran darah ,menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.
8. Jantung pisang melancarkan peredaran darah dan mencegah stroke
Jantung pisang, melancarkan aliran darah,memperkuat dinding saluran darah sehingga menurunkan resiko terkena serangan jantung atau stroke.
9. Rumput laut,mengkudu,dan daun dewa menurunkan tekanan darah
Umput laut,menurunkan tekanan darah,menurunkan kadar kolesterol jaht sementara buah mengkudu atau Pace, menurunkan tekanan darah,menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Selain itu daun dewa ,juga dapat melancarkan lairan darah ,mencegah penggumpalan darah.
10. Mawar,temu,dan salam memperlancar aliran darah
Bunga mawar,memperlancar aliran darah dan anti oksidan

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ini dia makanan sehat untuk penderita hipertensi"